Fakta Menarik Grafen

Hallo, malem gini pengen cari bahan buat ngepos, akhirnya bikin 2 post soal Pengenalan Semikonduktor dan Post ini deh, Fakta Menarik grafen. Nah jadi kita simak dulu deh soal grafen.

From Graphite to Graphene
Grafen itu adalah 1 lembar grafit. Jadi grafit itu terdiri dari berlapis-lapis grafen yang tiap beberapa berlapis-lapis grafe
n itu sendiri bertumpuk dengan sesamanya secara tidak teratur. Faktanya, secara teoritis material ini tidak mungkin! Namun Andre Geim dari Universitas Manchester mampu mensintesis material dan melakukan karakterisasi pada material tersebut pada tahun 2004. Nah ada beberapa fakta yang luar biasa soal grafen, mari kita simak





How Strong Graphene
1. Material grafen merupakan material terkuat yang pernah ada. Material ini mampu menahan gajah yang berdiri diatas 1 sebatang pensil tajam yang menusuk grafen. Selain itu material grafen juga elastik, dimana bentuknya dapat terdeformasi hingga 20 kali dari ukuran awal grafen itu sendiri. Mungkin berpotensi jadi Kevlar mungkin, atau bahkan sudah ada?

2. No Band Gap, Grafen tidak memiliki band gap, artinya tidak ada zona terlarang elektron antara pita konduksi dan valensi. Hal ini menjadikan grafen sebagai material potensial untuk Sel Surya. Tanpa adanya Band Gap, artinya elektron dapat berpindah dari pita valensi ke konduksi dengan mengunakan semua tingkat energi cahaya yang berarti grafen merupakan material berpotensi sebagai solar sel paling efektif. Selain itu, Grafen mulai digunakan sebagai material konduktif untuk seperti pada Baterai Lithium Ion.

Graphen Gap Energy Variation
Dalam penggunaannya sebagai material pada transistor, makan grafen perlu memiliki Band Gap. Terdapat beberapa cara untuk memberikan Gap pada grafen seperti memberikan doping/pengotor, namun salah satu hal yang luar biasa, Gap pada grafen dapat diatur dengan memberikan beda potensial untuk merubah nilai Fermi pada material dan menambahkan lapisan grafen untuk meningkatkan nilai gap pada grafen. Hal ini membuat grafen berpotensi sebagai material prosesor dengan frekuensi tercepat(penelitian IBM 10k x lebih cepet dari prosesor biasa bro Sumber : Sini Broh)

3. Grafen memiliki konduktivitas yang sangat tinggi, hal ini diakibatkan free mean path, yaitu jarak rata-rata antar tumbukan dari pergerakan elektron dalam graphene bernilai sangat besar, bahkan paling besar diantara material lainnya. Hal ini menjadikan grafen sebagai material penghantar arus terbaik yang pernah ada. Siapa yang tahu, ntar semua kabel pake grafen, kan ringan, elastir, kuat, konduktif pula. Mungkin nanti colokan stopkontak udah kayak pensil bro XD.

Graphene Transparance used as transparent
and flexibel toucscreen
4. Transparansi, grafen memiliki tingkat transparasi yang tinggi, bahkan hanya menyerap 2.3% cahaya yang melewatinya. Hal ini menjadikan grafen sebagai material potensial untuk material konduktif pada solar cell karena tingkat transparansi yang tinggi dan konduktivitas yang tinggi pula. Selain itu dapat pula digunakan sebagai salah satu material touch screen yang fleksibel. Tranparasi grafen juga dapat diatur sesuai dengan susunan lapisan grafen. Mungkin teknologi yang ada di film Total Recall jadi nyata bro, HP yang ada didalam tangan orangnya XD.


Graphene as Nanoporous to filter Salt at Sea Water











5. Impermeable, grafen tidak mudah meloloskan material. Analoginya seperti saringan, setiap material yang melewati grafen tidak dapat lepas darinya. Hal ini menjadikan grafen salah satu material potensial sebagai sensor gas, karena sekali ada perubahan pada permukaan grafen(perubahan chemical), maka sifat elektronik grafen pun akan berubah. Selain itu Grafen juga dapat direkayasa dan digunakan sebagai penjernih air laut dari garam.(Desalinasi)



So, bagaimana perkembangan selanjutnya? Adakah peneliti Indonesia yang berhasil merekayasa mereka lebih baik dan bermanfaat lagi? Waktu akan menjawabnya bro :D

SUMBER : RESAPAN

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengenalan Material Elektronik : Semikonduktor

Kecelakaan Chernobyl