Fisika Kuantum untuk Card Verification


Hallo kawan, kemarin iseng coba baca artikel mengenai Card Verification tapi pake Prinsip Quantum, nampaknya sangat bagus untuk diaplikasikan biar ga ada lagi pembajakan ATM. Prinsipnya sederhana ko, cuma pake Fisika Quantum :D. Pada umumnya, pembacaan kartu ATM dilakukan seperti pembacaan Bar Code, namun Bar Code ini menggunakan material yang dielektrik, sehingga pembacaan memanfaatkan perubahan nilat elektrik atau bisa juga magnetik ketika kartu dimasukan ke ATM atau digesek pada mesin Debit. Banyak orang-orang yang memiliki kemampuan untuk membuat, tapi jelas ada juga yang punya kemampuan untuk menirunya.


Nah sekarang mulai diteliti mengenai Card Verification menggunakan prinsip quantum. Prinsipnya adalah memanfaatkan difraksi dari material. Material ini dapat diatur sedemikian rupa agar dapat menghasilkan hasil enkripsi yang kompleks sehingga diharapkan akan sulit ditiru. Material ini disebut PUF (Physical Uncloneable Function). Output yang dikeluarkan oleh PUF ini dapat sangat bervariasi mulai dari pola, bentuk, sudut, ukuran bit, dan lainnya. Namun yang terpenting adalah keterbatasan dari si peniru untuk membuat material yang memiliki properti yang sama seperti PUF.


Namun Peneliti juga sudah memperkirakan kemungkinan pembajakan dengan cara mempelajari Pattern yang terbentuk dan kemudian membuat alat untuk membentuk pattern tersebut karena teknologi ini sudah cukup banyak didengar. Namun "Nature" yang tidak dapat dipungkiri adalah bahwa Quantum State/Keadaan Quantum dari setiap sistem quantum tidak akan pernah sama. Ketika si peniru berusaha mencuri data cahaya, maka ia akan merusak keadaan kuantum yang ada dan mengakibatkan si peniru kehilangan sebagian besar data yang ia butuhkan.


SUMBER : IFLSCIENCE

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengenalan Material Elektronik : Semikonduktor

Fakta Menarik Grafen

Kecelakaan Chernobyl