Pengetahuan, Rekayasa dan Teknologi

Cited : http://undsci.berkeley.edu

Dalam keseharian kita selalu menghadapi sains, atau yang sering kita sebut ilmu pengetahuan. Merasakan angin berhembus, hujan turun, magnet yang menarik logam, listrik yang mengalir pada kabel, semua merujuk pada sains. Apa yang membuat hidup kita lebih mudah dari sains merupakan teknologi. Teknologi muncul dari hasil rekayasa sains yang ditujukan untuk membuat hidup kita lebih mudah.

Ilmu pengetahuan alam ini muncul dari suatu kata tanya yang penting, yaitu "Why" dan "What", sedangkan rekayasa muncul dari kata tanya "How to". Kalimat-kalimat tanya tersebut membawa perkembangan pada ilmu pengetahuan dan teknologi dari zaman Galilea, Newton, Faraday, Maxwell, Einstein, hingga Feynman.


Science and Technology Timetable. Cited : http://www.historiatimelines.com/wp-content/uploads/science500.jpg




Ilmu pengetahuan membawa kita dari zaman "mekanik" ke zaman"elektronik dan magnetik" ke zaman "atomik" hingga zaman "cahaya". Semua ilmu pengetahuan yang dimanfaatkan untuk kemudahan hidup manusia kita sebut sebagai rekayasa (Engineering). Contohnya, didirikan keilmuan kuantum, kemudian direkayasa secara material untuk menciptakan semikonduktor, dioda atau transistor, dan direkayasa terus hingga terciptalah handphone sebagai perwujudan teknologi (Technology) untuk mempermudah kita berkomunikasi.


Ilmu pengetahuan dan rekayasa juga membawa hal-hal yang awalnya dianggap sangat berbahaya menurut pengetahuan kemudian direkayasa untuk memanfaatkan manfaatnya dan mengurangi dampak berbahayanya. Seperti reaktor nuklir yang direkayasa agar aman, namun kita tetap dapat memanfaatkannya sebagai sumber energi. Saat ini kita mengenal Teknologi Reaktor dari I hingga IV. Just Amazing :D

Menarik bukan? Sadar ataupun tidak, ilmu pengetahuan, rekayasa, dan teknologi membawa kita ke peradaban saat ini. Bagaimana kita menanggapi, memanfaatkan dan mengembangkan adalah tantangan terbesarnya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengenalan Material Elektronik : Semikonduktor

Fakta Menarik Grafen

Kecelakaan Chernobyl